News Update :
Home » , » Pengantar dan Pengenalan Dasar Penggunaan Layar Start (Start Screen) Windows 8

Pengantar dan Pengenalan Dasar Penggunaan Layar Start (Start Screen) Windows 8

Penulis : Unknown on 06 Juni 2013 | 21:52

Windows 8 hadir dengan user interface baru yang disebut Layar Start (Start Screen) Windows, dimana layar ini adalah hal pertama kali anda lihat ketika anda login ke Windows 8. Ini adalah antarmuka utama yang digunakan pengguna Windows 8 untuk menjalankan aplikasi, mencari file dan browsing web. Layar ini mewakili program yang berbeda dan anda dapat memulai dengan mengklik judul. Salah satu fitur dari antarmuka baru ini adalah bahwa tiles (persegi panjang atau kotak) sendiri mampu menampilkan informasi real-time langsung pada layar Start. Ini akan memungkinkan Anda untuk menggunakan layar yang tidak hanya dimulai sebagai cara untuk memulai aplikasi, tetapi juga sebagai cara untuk melihat dengan cepat data seperti cuaca, informasi e-mail, baru artikel RSS feed, dll. Sebagai contoh, cuaca di langit tidak hanya akan memungkinkan anda untuk memulai aplikasi weather, tetapi juga akan menampilkan kondisi cuaca yang sebenarnya langsung pada Windows 8 Start screen anda. Jenis informasi real-time dapat dilihat pada citra Windows 8 Layar Start yang ditunjukkan di bawah ini.

start screen

Program yang dirancang untuk antarmuka layar Mulai disebut Apps. Apps ini dirancang untuk bekerja dengan Layar Start sehingga Anda dapat berbagi informasi dengan aplikasi lainnya, menyinkronkannya dengan komputer lain, dan mudah digunakan melalui Windows Store.

Jendela Apps Store dan Microsoft

Dengan peluncuran Windows 8, Microsoft juga memperkenalkan Windows Store baru. Windows Store memungkinkan Anda untuk men-download dan membeli aplikasi yang dirancang untuk beroperasi di Layar Start. Mirip dengan iTunes Store, Anda dapat login ke Windows Store dan download aplikasi gratis dan percobaan yang dapat dijalankan pada komputer Anda. Jika Anda memutuskan untuk membeli sebuah aplikasi, maka akan secara otomatis diunduh dan diinstal pada komputer Anda dan Anda akan dapat menggunakannya pada 4 jenis Windows 8 komputer lainnya.

Pengaturan Perjalanan Anda

Bila Anda membuat account di Windows 8, Anda akan memiliki pilihan untuk membuat akun rekening lokal atau akun Microsoft. Jika Anda memilih untuk membuat account lokal, maka akun ini hanya akan dapat logon ke komputer lokal Anda dan informasi Anda tidak akan disinkronkan dengan komputer lain yang Anda gunakan. Di sisi lain, jika Anda memilih untuk membuat akun Microsoft maka Windows 8 akan menyinkronkan data tertentu, seperti pengaturan aplikasi, gambar profil, dan password untuk Microsoft Cloud. Data ini kemudian akan disinkronkan ke komputer lain yang Anda gunakan dengan akun Microsoft yang sama memungkinkan pengalaman desktop yang bepergian dengan Anda dari komputer ke komputer.

Untuk menggunakan fitur ini anda harus memiliki account Microsoft yang sama pada setiap komputer yang Anda gunakan. Kemudian anda akan perlu untuk mengaktifkan sinkronisasi melalui area pengaturan pengaturan PC Sync. Setelah sinkronisasi diaktifkan maka Anda dapat menjalankan apa yang Anda ingin sinkronkan antara berbagai komputer.

Penting untuk dicatat bahwa Anda tidak perlu menggunakan a@live.com alamat e-mail or@hotmail.com untuk menggunakan fitur ini. Yang Anda butuhkan adalah alamat e-mail yang Anda kontrol dan yang telah terdaftar sebagai akun Microsoft di Live.com .

Menggunakan layar Start Windows

Start Screen adalah antarmuka yang sangat sederhana untuk dinavigasi. Ketika Anda pertama kali menginstal Windows 8, tampilan awal Anda akan terdiri dari berbagai Apps dirancang untuk layar Mulai serta program yang dapat anda mulai dari Desktop Windows klasik. Masing-masing program atau aplikasi yang direpresentasikan sebagai dasar. Dasar ini dapat dikonfigurasi untuk menampilkan sebagai persegi kecil atau persegi panjang. Jika judul diatur menjadi persegi, maka hanya akan bertindak sebagai peluncur program ketika Anda klik. Jika Anda membuat tiles dalam persegi panjang, maka layar ini akan menampilkan informasi real-time dari aplikasi langsung ke layar awal jika tersedia.

Awal Layar juga memiliki banyak halaman, di mana setiap halaman berisi persegi yang berbeda. Oleh karena itu jika Anda kehabisan ruang pada satu halaman, maka Anda hanya dapat mulai menambahkan persegi ke halaman lain. Untuk mengatur persegi berdasarkan seberapa sering Anda menggunakannya, atau dengan kategori tertentu, Anda dapat memindahkan tampilan antara kelompok atau halaman dan bahkan menciptakan merek kelompok tampilan baru. Informasi tentang bagaimana melakukan ini dapat ditemukan dalam bacaan lebih lanjut bagian dari tutorial ini.

Untuk mengkonfigurasi karakteristik persegi tertentu, Anda dapat tahan persegi tertentu dengan jari atau klik kanan dengan mouse Anda. Setelah Anda melakukannya, persegi akan menjadi diperiksa dan panel baru akan ditampilkan di bagian bawah layar Mulai di mana Anda dapat mengubah berbagai karakteristik. Karakteristik ini meliputi menjepit atau unpinning tiles ukuran tiles, dan berbagai karakteristik canggih seperti menjalankan program sebagai Administrator. Contoh dari panel ini dapat dilihat di bawah ini.
layar start
Hal ini juga memungkinkan untuk mengarahkan output dari setiap App yang Anda gunakan ke proyektor yang tersambung dengan menekan tombol Windows + P pada waktu yang bersamaan. Ketika Anda melakukan ini, layar baru akan muncul menanyakan bagaimana Anda ingin layar yang akan ditampilkan pada proyektor.

Bila menggunakan Web tertentu Anda juga dapat mengubah pengaturannya dari dalam aplikasi dengan menekan tombol Windows dan Key Lock pada waktu yang bersamaan atau dengan menggunakan Start Menu yang dijelaskan di bawah ini. Informasi lebih lanjut tentang Start Menu dan Setting Aplikasi dapat ditemukan di bagian berikutnya.

Chrams Bar

Windows 8 Charms Bar adalah menu kecil yang muncul ketika Anda menggeser mouse Anda ke sudut kanan bawah atau kanan atas layar atau dengan menekan tombol Windows + C pada keyboard. Menu ini berisi lima pilihan berlabel Search, Share, Mulai, Devices dan Pengaturan. Sebuah contoh dari Charms Bar dapat dilihat pada gambar di bawah.

chrams bar

Berikut adalah deskripsi dari apa yang setiap opsi menu tampil di Layar Start.

1. Search
Mengklik pada pilihan search akan menampilkan antarmuka pencarian. Dari sini anda dapat mengetikkan kata kunci dan Windows 8 akan mencari melalui Apps, file dan Pengaturan untuk item yang cocok dengan kata kunci. Anda kemudian dapat memilih apps, file atau kategori pengaturan untuk melihat apa yang ditemukan.

2. Share
Mengklik pada opsi share memungkinkan Anda untuk berbagi data dari berbagai Apps dengan App lain, program atau layanan. Misalnya, ketika di app weather anda dapat berbagi screen shot dengan orang lain dan di Internet Explorer untuk dapat berbagi halaman sebagai sebuah tweet di Twitter atau wall post di Facebook.

3. Start
Mengklik pada opsi start hanya membawa Anda ke desktop Windows klasik.

4. Devices
Mengklik pada pilihan perangkat memungkinkan Anda untuk menentukan perangkat apa yang akan anda gunakan. Ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan perangkat yang Apps tertentu dan menampilkan konten pada anda.

5. Settings
Mengklik pada opsi settings (pengaturan) memungkinkan Anda untuk mengkonfigurasi pengaturan untuk setiap App yang sedang Anda gunakan. Bila menggunakan Web Anda juga dapat mengakses layar Settings ini dengan menekan tombol Windows + I pada keyboard. Di layar pengaturan, Anda dapat memodifikasi berbagai pilihan untuk App, mengubah volume, shutdown atau restart komputer, mengubah bahasa, mengaktifkan pemberitahuan, dan koneksi jaringan Monitor.

Start Screen Start Menu

Meskipun Windows 8 tidak lagi memiliki Start Menu seperti yang kita kenal pada windows versi terdahulu, Windows tidak termasuk Start Menu dasar yang dapat digunakan untuk peluncuran cepat program yang umum digunakan. Untuk mengakses Start Menu ini, Anda harus menggeser mouse Anda ke sudut kiri bawah dari desktop atau Layar Start dan kemudian klik kanan pada mouse Anda. Ini akan membuka Start Menu seperti yang ditunjukkan di bawah ini:
Start Menu

Dari Start Menu Anda memiliki akses cepat ke berbagai tugas dan program di komputer Anda.
Share this article :

Posting Komentar

 
Contact Us | Privacy policy | Advertise with Us | Site map
Copyright © 2011. HAMAHARA . All Rights Reserved.